dc.description.abstract |
E-book menjadi media pembelajaran yang perlu dikembangkan karena mudah diakses oleh mahasiswa hanya dengan penggunaan smartphone secara offline ataupun online. Media pembelajaran dapat digunakan dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji produk pengembangan e-book yang valid, praktis, dan efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Metode yang digunakan mengacu pada desain evaluasi formatif dari Tessmer. Subjek penelitian terdiri dari 3 dosen ahli uji validitas, 3 mahasiswa uji perorangan untuk kepraktisan isi, 5 mahasiswa uji kelompok kecil untuk kepraktisan dan keefektifan harapan, dan 20 mahasiswa uji lapangan untuk kepraktisan dan keefektifan aktual. Hasil Penelitian menunjukkan e-book yang telah dikembangkan sangat valid dengan nilai rata-rata 3,63 dan sangat praktis dengan nilai rata-rata 96,79% pada uji perorangan. Kepraktisan harapan dengan nilai rata-rata 78,57?n kepraktisan aktual dengan nilai rata-rata 85,36%. Keefektifan harapan memperoleh nilai 69,3% yang meningkat menjadi 83,8?n keefektifan aktual memperoleh nilai 69,3% yang meningkat menjadi 84,5%. Berdasarkan data keefektifan, nilai rata-rata N-gain sebesar 0,5 pada kategori sedang. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam proses melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. |
|