Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMODEL PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Lisa Dwi Yanti
dc.date.accessioned 2023-09-21T07:46:35Z
dc.date.available 2023-09-21T07:46:35Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40500
dc.description.abstract Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang rendah mendorong diadakannya penelitian untuk melakukan variasi dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimodel pada materi fluida dinamis yang layak, yakni valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 27 peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk validitas, lembar keterlaksanaan RPP untuk kepraktisan, tes hasil belajar untuk efektivitas, dan lembar pengamatan kemampuan pemecahan masalah untuk ketercapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Teknik analisis data diambil secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar berkategori sangat baik, kepraktisan berkategori sangat baik, dan efektivitas bahan ajar berkategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimodel pada materi fluida dinamis untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dikatakan layak digunakan pada pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, bahan ajar ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
dc.title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMODEL PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account