dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi
tekanan pada zat menggunakan model pembelajaran STEM-PBL yang layak untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta
didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan formative evaluation Tessmer,
meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, Small Group test, dan Field Test.
Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi perangkat pembelajaran,
pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perangkat STEM-PBL termasuk valid, karena hasil validasi RPP,
materi ajar, dan LKPD memenuhi syarat valid. Perangkat STEM-PBL termasuk
praktis karena aktivitas guru dan peserta didik dalam kategori sangat praktis.
Kemudian perangkat STEM-PBL termasuk efektif karena kemampuan pemecahan
masalah peserta didik dalam kategori sangat tinggi dan kemampuan pemahaman
konsep peserta didik mengalami peningkatan sebesar 82,33%. Perangkat
pembelajaran STEM-PBL yang dikembangkan termasuk layak untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik pada materi
tekanan pada zat |
|