Repo Mhs ULM

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tekanan pada Zat Menggunakan Model STEM-PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep

Show simple item record

dc.contributor.author Elia Hervina Anri
dc.date.accessioned 2023-09-21T07:54:34Z
dc.date.available 2023-09-21T07:54:34Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40566
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi tekanan pada zat menggunakan model pembelajaran STEM-PBL yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan formative evaluation Tessmer, meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, Small Group test, dan Field Test. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi perangkat pembelajaran, pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat STEM-PBL termasuk valid, karena hasil validasi RPP, materi ajar, dan LKPD memenuhi syarat valid. Perangkat STEM-PBL termasuk praktis karena aktivitas guru dan peserta didik dalam kategori sangat praktis. Kemudian perangkat STEM-PBL termasuk efektif karena kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam kategori sangat tinggi dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan sebesar 82,33%. Perangkat pembelajaran STEM-PBL yang dikembangkan termasuk layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik pada materi tekanan pada zat
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tekanan pada Zat Menggunakan Model STEM-PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account