Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN MATERI AJAR ELEKTRONIK USAHA DAN ENERGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Faisal Rahman
dc.date.accessioned 2023-09-21T07:56:39Z
dc.date.available 2023-09-21T07:56:39Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40582
dc.description.abstract Kemampuan literasi digital peserta didik yang sangat kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar usaha dan energi menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk melatihkan literasi digital peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 26 peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, angket respon peserta didik, dan angket literasi digital serta diperkuat tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) materi ajar termasuk valid, karena nilai validitasnya sebesar 3,16 dengan kategori valid, (2) materi ajar termasuk praktis, karena setiap aspek materi ajar dapat respon yang baik, dan (3) materi ajar termasuk efektif, karena ketercapaian literasi digital dalam kategori cukup dan n-gain hasil belajar sebesar 0,73 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, materi ajar usaha dan energi menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing adalah layak digunakan untuk melatihkan literasi digital peserta didik dalam pembelajaran fisika. Kata kunci: Literasi digital, materi ajar elektronik, pembelajaran penemuan terbimbing.
dc.title PENGEMBANGAN MATERI AJAR ELEKTRONIK USAHA DAN ENERGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account