dc.description.abstract |
Kemampuan analisis peserta didik yang rendah disebabkan karena penggunaan bahan ajar konvensional dan model pembelajaran yang digunakan di kelas belum mampu untuk melatihkan kemampuan analisis peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar topik elastisitas menggunakan model pembelajaran REACT yang layak yakni valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 29 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk validitas, lembar keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk kepraktisan, tes hasil belajar untuk efektivitas dan ketercapaian kemampuan analisis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar berkategori sangat baik, kepraktisan berkategori sangat baik, efektivitas bahan ajar berkategori tinggi dan kemampuan analisis peserta didik berkategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar topik elastisitas menggunakan model pembelajaran REACT dikatakan layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada pembelajaran di sekolah. |
|