Abstract:
Putri Maulida Sarie (2022). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, dan Kepuasan Pengguna terhadap Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Studi pada Perhimpunan Pelaku Usaha dan Perizinan). Pembimbing: Alfian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh kualitas sistem terhadap efektivitas sistem informasi manajemen perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik; (2) Menganalisis pengaruh kualitas informasi terhadap efektivitas sistem informasi manajemen perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik; (3) Menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap efektivitas sistem informasi manajemen perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik; (4) Menganalisis pengaruh kepuasan pengguna terhadap efektivitas sistem informasi manajemen perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.
Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Perhimpunan Pelaku Usaha dan Perizinan di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 44 anggota Perhimpunan Pelaku Usaha dan Perizinan di Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap efektivitas sistem informasi manajemen perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Sedangkan kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi manajemen perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Hasil penelitian dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam perbaikan dan pembangunan sistem informasi manajemen perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.
Kata Kunci : Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Efektivitas Sistem Informasi Manajemen.