Repo Mhs ULM

KADAR KOLESTEROL TOTAL, HDL DAN LDL TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus) KOLESTEROL TINGGI SETELAH PEMBERIAN MINYAK IKAN PATIN (Pangasius hypophthalmus)

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Fajar Nurrahman
dc.date.accessioned 2023-09-21T09:00:35Z
dc.date.available 2023-09-21T09:00:35Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41132
dc.description.abstract Kolesterol adalah substansi yang berguna bagi tubuh, yaitu untuk mengatur proses kimiawi seperti membangun membran sel, memproduksi vitamin D, dan membentuk hormon steroid. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis kadar kolesterol total, HDL dan LDL darah tikus jantan bergalur wistar yang mengalami keadaan kolesterol tinggi. Telah dilakukan penelitian tentang Uji Ekstrak Minyak Ikan Patin (EMIP) (Pangasius hypophthalmus) terhadap kadar kolesterol total, HDL dan LDL darah tikus Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan rancangan acak lengkap (dengan menggunakan 25 ekor tikus putih jantan galur wistar yang dibagi ke dalam 5 perlakuan dan 5 kali ulangan dengan berat badan 175-200 gram yang berumur 2-3 bulan. Tikus dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan dan setiap kelompok terdiri dari 5 ekor tikus. Kelompok I (kontrol negatif) yang diberi pakan standar,kuning telur dan air minum. Kelompok II (kontrol positif) yang diberi perlakuan Atorvastatin 0,18mg, diet lemak tinggi, kuning telur 2 ml pakan standar dan air minum. Kelompok III (Dosis 183 mg EMIP), Kelompok IV (Dosis 366 mg EMIP) dan Kelompok V (Dosis 549 mg EMIP yang diberi diet lemak tinggi kuning telur pakan standar dan air minum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol total, HDL dan LDL putih jantan wistar kolesterol tinggi setelah pemberian ekstrak minyak ikan patin tidak mengalami perubahan secara signifikan terhadap kadar kolesterol total, HDL dan LDL tikus, namun berdasarkan data nilai baku menujukkan kecenderungan terhadap penurunan kolesterol tinggi dan HDL juga meningkatkan LDL pada batas normal.
dc.title KADAR KOLESTEROL TOTAL, HDL DAN LDL TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus) KOLESTEROL TINGGI SETELAH PEMBERIAN MINYAK IKAN PATIN (Pangasius hypophthalmus)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account