Abstract:
Kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik masih kurang baik karena strategi yang tidak sesuai serta belum adanya penelitian mengenai profil kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik di provinsi tertentu terutama di Kalimantan Selatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA di Kalimantan selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik SMA di 1 sekolah disetiap kabupaten di Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan teori Heller. Sampel penelitian berjumlah 216 peserta didik dengan 18 peserta didik di masing-masing sekolah. Analisis yang dilakukan merupakan Item Respon Theory Rasch Model. Pengumpulan data menggunakan tes soal materi kemampuan pemecahan masalah model heller yang sudah valid berjumlah 5 soal materi usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Kalimantan Selatan pada seluruh tahapnya berada di katagori rendah. Indikator menggambarkan masalah siswa berada di kategori sedang, mendeskripsikan Permasalahan berada dikategori sedang, merencanakan solusi berada di kategori sedang, melaksanakan rencana berada di kategori sedang dan rendah, serta mengecek dan mengevaluasi berada di kategori sedang dan rendah.