Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya inovasi penerapan model pembelajaran fisika disekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau secara keseluruhan, jenjang pendidikan, topik fisika, dan jenis hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif terhadap jurnal nasional rentang tahun 2012 sampai dengan 2022. Penelitian ini menerapkan pembelajaran project based learning dianalisis dengan teknik meta-analisis. Penelitian ini meliputi 30 studi primer yang menghasilkan 46 sub penelitian sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian yang dilakukan berpengaruh positif dan efektif terhadap hasil belajar siswa dengan efek gabungan sebesar 0,811 dalam kategori besar. effect size pada jenjang SMA/MA/SMK diperoleh nilai 0,829, pada jenjang SMP/Mts 0,640, dan effect size pada jenjang SD diperoleh nilai 0,542. Effect Size keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar psikomotorik, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif dan keterampilan berpikir kreatif masuk kedalam kategori besar, sedangkan kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar siswa, minat belajar siswa, dan penguasaan konsep kategori sedang.