Abstract:
Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah di sekolah belum dilakukan analisis butir soal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang layak pada materi usaha dan energi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian adalah 176 peserta didik kelas X MIPA dari SMAN 1 Banjarmasin, MAN 2 Banjarmasin dan SMA Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Teknik analisis data berupa validasi desain, validitas instrumen, reliabilitas instrumen, tingkat kesukaran instrumen dan daya pembeda instrumen. Pada uji coba produk, diperoleh (1) dari 17 soal dihasilkan 16 soal yang valid dengan reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,92, (2) tingkat kesukaran soal berkriteria mudah, sedang dan sukar, (3) daya pembeda soal berkriteria sangat jelek dibuang sebanyak 1 soal. Pada uji coba pemakaian, diperoleh (1) dari 16 soal dihasilkan 5 soal sebagai produk akhir, (2) hasil validitas instrumen diperoleh soal dalam kategori valid, (3) memiliki reliabilitas dengan kriteria cukup sebesar 0,69, (4) tingkat kesukaran soal berkriteria sedang untuk semua soal, (5) daya pembeda soal berkriteria jelek digunakan kembali dengan melihat item variable map dan soal bias tetap dibuang. Dengan demikian, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah produk akhir berjumlah 5 soal uraian dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan dapat digunakan sebagai evaluasi belajar peserta didik.