Repo Mhs ULM

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah

Show simple item record

dc.contributor.author Monica Maya Lusia
dc.date.accessioned 2023-09-21T09:48:33Z
dc.date.available 2023-09-21T09:48:33Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41579
dc.description.abstract PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH (Oleh: Monica Maya Lusia; Pembimbing Suyidno, Sarah Miriam; 2023; 77 Halaman) ABSTRAK Kreativitas ilmiah merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk menciptakan suatu gagasan, ide ataupun pemikiran yang baru. Namun, kreativitas ilmiah kurang dilatihkan di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fluida dinamis yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba adalah 34 orang peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8 Banjarmasin. Data diperoleh dari lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD termasuk valid karena hasil validasi lembar kerja peserta didik dan tes hasil belajar dengan kriteria sangat baik; (2) LKPD termasuk praktis karena hasil angket respon peserta didik berkategori baik; (3) LKPDtermasuk efektif karena perolehan N-Gain kreativitas ilmiah dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, lembar kerja peserta didik fluida dinamis termasuk layak untuk meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci: Fluida dinamis, kreativitas ilmiah, lembar kerja peserta didik
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account