Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dan merumuskan strategi pengembangan pada usaha produk olahan perikanan pada UMKM Marga Jaya Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini dilakukan pada dengan metode analisis SWOT. Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT pengembangan usaha UMKM Marga Jaya adalah strategi S-O yaitu mempertahankan kualitas produk agar pelanggan tidak mudah beralih ke produk yang sejenis. Memperluas pangsa pasar melalui kegiatan promosi seperti di e-commerce sehingga dapat meningkatkan skala produksi dan pendapatan. Bekerjasama dengan pemerintah seperti mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah contohnya pameran untuk memperkenalkan produk dari UMKM Marga Jaya. Mengikuti program-program yang dikelola oleh pemerintah contohnya pembinaan dari penyuluh perikanan dengan demikian UMKM Marga Jaya dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan skala produksi untuk memaksimalkan permintaan pasar.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, UMKM Marga Jaya, Analisis SWOT