Abstract:
Pembelajaran yang tidak berpusat pada peserta didik memberi dampak pada rendahnya tingkat keterampilan proses sains peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar digital fluida statis yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 2 SMAN 11 Banjarmasin sebanyak 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, lembar pengamatan pencapaian keterampilan proses sains, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan (1) valid berdasarkan penilaian validator dengan rerata skor 3,51 dan berkategori sangat baik; (2) praktis berdasarkan keterlaksanaan RPP dengan rerata skor 3,70 dan berkategori sangat baik; (3) efektif berdasarkan gain score sebesar 0,65 dengan kategori sedang; (4) capaian keterampilan proses sains melalui pengamatan KPS dengan penilaian LKPD diperoleh rerata skor 3,67 dan berkategori sangat baik. Diperoleh simpulan bahan ajar digital fluida statis layak untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik.
Kata kunci : bahan ajar digital, fluida statis, keterampilan proses sains.