Abstract:
Rifqi Tri Kesuma, 1710412310039, 2022. Pengaruh Orientasi Belanja dan Kepercayaan terhadap Minat Beli secara online pada marketplace Tokopedia (Studi Mahasiswa FISIP ULM Banjarmasin). Dibawah bimbingan Irwansyah dan Hasanur Arifin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara parsial dan simultan pengaruh Orientasi Belanja (X1) dan Kepercayaan (X2) terhadap Minat Beli (Y) pada Marketplace Tokopedia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fisip ULM Banjarmasin dengan jumlah 140 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan analisis regresi liniear berganda.
Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh signifikan secara parsial Orientasi Belanja (X1) terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan nilat t hitung 5,909 > t tabel 1,65605 dan besar pengaruh secara parsial 30,7% dikategorikan cukup rendah. Dengan demikian hipotesis pertama (H1) diterima. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial Kepercayaan (X2)
terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan nilat t hitung 4,032 > t tabel 1,65605 dan besar pengaruh secara parsial 19,3% dikategorikan cukup rendah. Dengan demikian hipotesis kedua (H2) diterima. Pengujian secara bersama-sama menunjukkan terdapat pengaruh signifikan secara simultan Orientasi Belanja (X1) dan Kepercayaan (X2) terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan nilat F hitung 68,544 > F tabel 3,06 dan besar
pengaruh secara simultan 50%. Dengan demikian hipotesis ketiga (H3) dalam penelitian ini diterima.