Repo Mhs ULM

Evaluasi Usability Fitur Pembelian Aplikasi Alfagift dengan Menerapkan Model PACMAD Menggunakan Pendekatan Goal Question Metrics (GQM)

Show simple item record

dc.contributor.author Eugynia Jessica Virgynia Rahman
dc.date.accessioned 2023-09-21T10:38:30Z
dc.date.available 2023-09-21T10:38:30Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42049
dc.description.abstract Aplikasi mobile Alfagift merupakan aplikasi mobile yang secara resmi dimiliki oleh Alfamart. Perkembangan fiturnya merambah pada fitur same day delivery, yaitu fitur di mana pembeli tidak perlu berbelanja secara offline dengan mendatangi gerai Alfamart secara langsung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengevaluasi usability aplikasi Alfagift pada fitur same day delivery atau fitur pembelian dan memberikan rekomendasi perbaikan sesuai dengan hasil evaluasi usability. Evaluasi usability dilakukan menggunakan model PACMAD dengan pendekatan Goal Question Metric (GQM) pada tujuh atribut usability, yaitu efficiency, effectiveness, learnability, memorability, errors, satisfaction, dan cognitive load. Penelitian ini menggunakan data hasil task scenario dan kuesioner dari 20 partisipan. Data diambil dengan mengacu pada metrik-metrik pada GQM. Hasil yang didapatkan mencakup 0.0065 goals/sec pada aspek efficiency; 100?fectiveness; 100% learnability; 100% memorability; 0.0132% errors; 62.75 satisfaction; dan 45.62 pada aspek cognitive load. Aplikasi Alfagift memenuhi 5 dari total 7 atribut usability. Untuk meningkatkan tingkat usability aplikasi mobile Alfagift, diberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan data hasil task scenario.
dc.title Evaluasi Usability Fitur Pembelian Aplikasi Alfagift dengan Menerapkan Model PACMAD Menggunakan Pendekatan Goal Question Metrics (GQM)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account