Repo Mhs ULM

Efektivitas Pelayanan Administrasi Pembuatan Surat-Menyurat oleh Kantor Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Show simple item record

dc.contributor.author Noor Halifah
dc.date.accessioned 2023-09-21T10:42:44Z
dc.date.available 2023-09-21T10:42:44Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42089
dc.description.abstract Noor Halifah, 1910411220038, 2023, “Efektivitas Pelayanan Administrasi Pembuatan Surat-Menyurat oleh Kantor Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan”. Di bawah bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pelayanan administrasi pembuatan surat-menyurat oleh Kantor Desa Muning Baru dalam meningkatkan pelayanan publik di bidang pembuatan surat keluar di Kantor Desa Muning Baru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan pelayanan administrasi pembuatan surat-menyurat di Kantor Desa Muning Baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis sistem pelayanan pembuatan surat keluar yang dapat diakses masyarakat, yakni sistem offline di mana masyarakat datang langsung ke kantor desa untuk mendapatkan pelayanan, serta sistem online di mana masyarakat cukup mengakses situs resmi Kantor Desa Muning Baru tanpa perlu datang ke kantor desa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Efektivitas Pelayanan Administrasi Pembuatan Surat-Menyurat oleh Kantor Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, baik melalui pelayanan pembuatan surat melalui sistem offline maupun pelayanan pembuatan surat dengan sistem online, maka dari penelitian ini dapat dibuat kesimpulan bahwa pelayanan pembuatan surat-menyurat di Kantor Desa Muning Baru pada pelayanan sistem offline sudah efektif sedangkan pada pelayanan sistem online cukup efektif, meskipun pada indikator pencapaian tujuan berjalan dengan baik, tetapi pada indikator integrasi dan adaptasi perlu adanya perubahan dan perbaikan lebih lanjut. Saran yang dapat dirumuskan adalah perlunya mengadakan sosialisasi lanjutan mengenai pelayanan pembuatan surat-menyurat baik melalui sistem offline maupun online sehingga masyarakat lebih terbuka dan paham mengenai kedua sistem tersebut. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Administrasi, Surat-Menyurat
dc.title Efektivitas Pelayanan Administrasi Pembuatan Surat-Menyurat oleh Kantor Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account