Abstract:
Perpustakaan memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pelayanan yang sesuai untuk memuaskan harapan para pemustaka. Namun, masalah perpustakaan sering dikaitkan dengan “ketiadaan” fasilitas yang diberikan, salah satunya pelayanan umum. Penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan umum terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERSIP) Provinsi Kalimantan Selatan.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis 5 indikator kualitas pelayanan sebagai variabel X dan 9 indikator kepuasan pengunjung sebagai variabel Y. Dalam 2 kriteria responden berbeda yaitu, pelajar dan mahasiswa dengan jumlah 540 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian dengan kriteria pelajar didapat nilai variabel X memperoleh skor 86?n variabel Y memperoleh skor 87?ngan kategori Sangat Baik. Pada pengujian dengan kriteria mahasiswa didapat variabel X dan Y memperoleh skor 88?ngan kategori Sangat Baik. Maka data penelitian kualitas pelayanan umum terhadap kepuasan pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan berpengaruh.