Repo Mhs ULM

Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Rawat Jalan Di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar

Show simple item record

dc.contributor.author Nur Hidayati
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:14:19Z
dc.date.available 2023-09-21T11:14:19Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42381
dc.description.abstract ABSTRAK Nur Hidayati, NIM: 1910411320008 (2023). “Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Rawat Jalan di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar”. Di Bawah Bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan masyarakat rawat jalan di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang datang untuk berobat rawat jalan dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling dengan teknik analisis statistik deskriptif skala likert. Berdasarkan hasil penelitian ini terkait kualitas pelayanan kesehatan masyarakat rawat jalan di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar dapat disimpulkan bahwa secara sekeluruhan adalah Cukup Baik dengan rata-rata skor 2.53, yang diukur berdasarkan aspek menurut Zeithaml, 1990 yaitu Tangibility (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), assurance (Jaminan), dan empathy (Empati). Saran-saran yang dapat diberikan dengan adanya penelitian ini adalah: (1) Gedung yang terdapat pada Puskesmas perlu ditingkatkan kualitasnya, hal tersebut terutama dengan renovasi gedung yang sudah lama tersebut secara total sehingga menciptakan kesan nyaman dan aman bagi para pengguna jasa palayanan masyarakat tersebut. Ruangan- ruangan kecil dan berhimpit serta gang untuk lalulalang baik petugas medis maupun pasien terasa sangat kecil dan sempit serta perlunya tambahan sarana dan prasarana yang mendukung operasional Puskesmas baik komputerisasi administrasi maupun perlengkapan medis untuk Pelayanan Kesehatan dasar. (2) Perlunya tambahan pengetahuan melelui pelatihan-pelatihan yang bersifat teknis untuk semua jajaran di Puskesmas agar lebih memahami dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan juga diperlukan kursus manajemen jasa yang akan mengubah cara berpikir petugas bahwa pentingnya mutu kualitas pelayanan bagi pasien. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Rawat Jalan, Puskesmas
dc.title Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Rawat Jalan Di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account