Repo Mhs ULM

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAM GAMES TOURNAMENT & TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 4 A SD NEGERI BARAMBAI 1

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmi Yanti
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:32:49Z
dc.date.available 2023-09-21T11:32:49Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42557
dc.description.abstract Kata Kunci: Problem Based Learning, Team Games Tournament, Talking Stick, Motivasi, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia dan Keterampilan Berbicara. Masalah yang terjadi di SD Negeri Barambai 1 berupa rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada muatan bahasa indonesia di aspek keterampilan berbicara yang disebabkan oleh kegiatan pembelajaran masih bersifat teacher center, kurang menarik, masih bersifat konvensional dan siswa tidak percaya diri dalam berbicara secara langsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, dan menganalisis motivasi dan hasil belajar siswa di kelas 4A SD Negeri Barambai 1 dengan kombinasi model Problem Based Learning, Team Games Tournament, & Talking Stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan di kelas 4 A SDN Barambai 1 dengan jumlah siswa 20 orang. Data dianalisis secara deskriptif dan cross table berdasarkan pada hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil angket motivasi belajar dan hasil tes evaluasi belajar. Hasil penelitian menujukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 22 dengan kriteria cukup baik, pada pertemuan 4 menjadi 35 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 15% ketuntasan klasikal dengan kriteria sebagian kecil aktif meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% ketuntasan klasikal dengan kriteria seluruhnya aktif. Dan motivasi belajar pada pertemuan 1 memperoleh 45% ketuntasan klasikal dengan kriteria cukup tinggi meningkatkan pada pertemuann 4 menjadi 95?ngan kriteria sangat tinggi. Begitu juga dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperolah 40?n meningkat pada pertemuan 4 menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model problem based learning, team games tournament dan talking stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lainnya adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara.
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAM GAMES TOURNAMENT & TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 4 A SD NEGERI BARAMBAI 1


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account