Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Rumah Belajar Fitur Laboratorium Maya sebagai media pembelajaran di SMPN 5 Tanah Grogot dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Seri dan Paralel Kelas IX dengan pemanfaatan Rumah Belajar Fitur Laboratorium Maya di SMPN 5 Tanah Grogot. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental design dan menggunakan model nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yang berbentuk pilihan ganda dengan menggunakan lima pilihan guna mengukur pemahaman atau penguasaan peserta didik terhadap materi rangkaian listrik seri dan paralel. Hasil penelitian menyatakan guru memberikan penilaian sebesar 89% atau dengan kriteria sangat baik. Selain itu, pemanfaatan Rumah Belajar Fitur Laboratorium Maya di SMPN 5 Tanah Grogot juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Seri Dan Paralel. Oleh sebab itu, pemanfaatan portal rumah belajar dengan fitur laboratorium maya sebagai media pembelajaran efektif untuk digunakan.