Abstract:
ABSTRAK
Literasi sains adalah salah satu keterampilan dan kecakapan yang diperlukan pada pembelajaran fisika. Namun kemampuan berliterasi belum dilatihkan dengan baik dan kurang mendapatkan perhatian dari sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis literasi sains yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan uji coba penelitian one-group pre-test and post-test desain pada 35 peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 8 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Lembar kerja peserta didik dan tes hasil belajar termasuk valid karena berkategori sangat baik; (2) Lembar kerja peserta didik dan tes hasil belajar termasuk praktis karena berkategori keterlaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik; (3) Lembar kerja peserta didik dan tes hasil belajar termasuk efektif karena N-gain score literasi sebesar 0,58 dalam kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD fisika berbasis literasi sains pada materi fluida dinamis yang dikembangkan adalah layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains peserta didik karena memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif
Kata kunci: Lembar kerja peserta didik, fluida dinamis, literasi sains