Abstract:
Mariyatul Qibthiyah 1710413120008. Kinerja Badan Usaha Milik Desa dalam
Pengelolaan Air Minum Isi Ulang di Desa Lamida Bawah Kecamatan Paringin
Kabupaten Balangan. Dibawah bimbingan Saifudin.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja Badan Usaha Milik Desa dalam
pengelolaan air minum isi ulang di Desa Lamida Bawah Kecamatan Paringin
Kabupaten Balangan. Penelitian ini menggunakan indikator kinerja menurut Dwiyanto
(2012) yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan
akuntabilitas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja BUMDes dalam
pengelolaan air minum isi ulang di Desa Lamida Bawah Kecamatan Paringin
Kabupaten Balangan dapat dikatakan kurang optimal, dilihat dari indikator
Produktivitas dari segi pengawasan yang hanya dilakukan oleh pemerintah desa dan
BPD saja, tidak adanya pengawasan dari dinas kesehatan atau badan pengawas
makanan dan minuman. Kualitas Layanan adanya ketidakpuasan masyarakat atau
pelanggan terhadap fasilitas sarana dan prasarana, dimana tidak tersedianya tempat
duduk untuk pelanggan dan kondisi depot yang kurang terawat selain itu hanya terdapat
izin usaha dari pemerintah desa, tidak adanya izin usaha dari instansi yang lebih tinggi
dan tidak tersedianya tempat penyampaian keluhan. Responsivitas, adanya kepuasan
pelanggan terhadap pelayanan, produk dan harga yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat, meskipun tidak adanya pengembangan produk dan program-program
pelayanan publik. Responsibilitas, pada BUMDes pengelolaan air minum isi ulang
memiliki kejelasan hukum yang diatur dalam Peraturan Desa Lamida Bawah nomor 04
Tahun 2017 dan prosedur pelayanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Akuntabilitas pada BUMDes pengelolaan air minum isi ulang memberikan
pertanggungjawaban kepada pemerintah desa yang berbentuk laporan keuangan dan
dilakukan 6 bulan sekali.
Kepada BUMDes Lamida Bawah pengelolaan air minum isi ulang perlu
menambah fasilitas tempat duduk kurang lebih 2 kursi untuk pelanggan yang
menunggu pengisian air minum isi ulang. Selain itu, penelitian ini direkomendasikan
kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang sikap masyarakat terhadap
BUMDes pengelolaan air minum isi ulang yang ada di Desa Lamida Bawah.