Abstract:
ABSTRAK
Nurul Wahdatun Nufus, 2021. Pengembangan Buku Ilmiah Populer Etnobotani Moraceae Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus ULM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc dan Dr. Dharmono, M.Si
Pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan pembelajaran yang mempunyai relevansi tinggi sebagai media untuk melestarikan potensi masing-masing daerah dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan menjadikan potensi lokal sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan materi biologi kajian etnobotani pada suatu daerah yang berjudul buku ilmiah populer etnobotani Moraceae kawasan hutan dengan tujuan khusus (KHDTK) ULM terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan adalah model EDR melalui evaluasi formative dari Tessmer. Adapun tahapan pengembangan yang dilakukan meliputi evaluasi diri, uji pakar terdiri dari 3 dosen Magister Pendidikan Biologi ULM. Uji coba perorangan 3 mahasiswa, uji kelompok kecil 5 mahasiswa, dan uji lapangan sebanyak 20 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang telah lulus mata kuliah Etnobotani. Hasil penelitian BIP yang telah dikembangkan menunjukkan kriteria validitas sangat valid dengan nilai rata-rata keseluruhan 3,5%. Hal ini menunjukkan BIP yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran etnobotani. Uji perorangan termasuk kedalam kriteria sangat baik berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian mahasiswa yang menunjukkan persentase 94,23% hal ini menunjukkan bahwa BIP yang dikembangkan menarik dan mudah dipahami mahasiswa karena menggunakan bahasa yang sederhana. Kepraktisan BIP berdasarkan hasil respon mahasiswa secara harapan memperoleh nilai rata-rata 95,20?n secara aktual memperoleh nilai rata-rata 97,10?ngan kriteria sangat praktis hal ini menunjukkan materi yang dikembangkan dapat menunjang perbelajaran dengan menggunakan BIP. Keterlaksanaan BIP yang dikembangkan secara harapan mendapatkan nilai rata-rata 92,59?n keterlaksanaan aktual mendapatkan nilai rata-rata 97,78?ngan kriteria sangat baik terlaksananya pembelajaran yang baik akan memunculkan motivasi belajar mahasiswa. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa termasuk kategori Tinggi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,7 sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Kesimpulannya pengembangan BIP yang dikembangkan praktis dan efektif digunakan terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Kata Kunci : Pengembangan BIP, Etnobotani Moraceae, Keterampilan berpikir kritis mahasiswa