Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan buku ilmiah populer tumbuhan air berbentuk flipbook terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan model Education Design Research (EDR) melalui evaluasi formatif dari Tessmer. Desain evaluasi formatif Tessmer dipilih karena sistematis dan cocok untuk menguji flipbook yang dikembangkan. Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji coba perorangan, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar (uji lapangan). Penelitian dilakukan di kawasan mangrof Sungai Bakau, Kurau, Kalimantan Selatan. Subjek penelitian terdiri dari 3 dosen ahli untuk menguji validitas BIP berbentuk flipbook yang dikembangkan, 3 mahasiswa untuk uji coba perorangan, 3 mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 15 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang telah lulus mata kuliah botani tumbuhan tinggi dan rendah untuk uji kelompok besar. Hasil penelitian BIP berbentuk flipbook termasuk valid, karena skor hasil validasi konten dan tampilannya masing-masing sebesar 3,51 dan 3,54 dengan kriteria sangat valid. BIP tumbuhan air dinyatakan praktis, karena uji keterbacaan, respon, dan keterlaksanaan mahasiswa masing-masing memperoleh persentase 94,03, 86,00 dan 88,89 dengan kriteria sangat baik. BIP berbentuk flipbook juga sangat efektif untuk digunakan, karena perolehan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan BIP yang dikembangkan memperoleh hasil yang positif yaitu 80,73?n hasil N-Gain terhadap aspek keterampilan berpikir kritis adalah interpretasi 0,37, asumsi 0,41, deduksi 0,34, analisis argumen 0,77 dan inferensi 0,74 dengan rata-rata skor 0,53 dengan kriteria sedang.