Abstract:
Proses pembelajaran yang efektif dapat menggunakan e-handout yang dapat digunakan di dalam dan di luar lingkungan sekolah. Tujuan penelitian pengembangan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar Biologi berupa e-handout pada materi jamur khususnya untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa yang valid, praktis, dan efektif .
Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE dilakukan melalui 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. E-handout ditulis dengan bahasa yang komunikatif, dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi yang dapat menarik siswa serta berisikan kegiatan belajar kritis. Subyek uji validasi terdiri dari 3 dosen. Subyek uji kelompok kecil dilakukan terhadap 9 siswa dan uji lapangan dilakukan terhadap 25 siswa . Semua data diperoleh dari instrument pengumpulan data berupa instrument validitas, instrument kepraktisan, dan instrument keefektifan hasil belajar serta berpikir kritis siswa yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian dan pengembangan e-handout materi jamur tergolong sangat valid dengan persentase capaian 90 ?ngan revisi. Praktis karena aktifitas siswa tergolong tinggi dengan hasil keterlaksanaan 84% sangat baik dan semua memberikan respon positif terhadap e-handout. Dikatakan efektif karena hasil belajar kognitif tuntas secara klasikal, hasil positif dari penilaian afektif, dan keterampilan berpikir kritis siswa tergolong dalam kategori tinggi. Oleh karena itu bahan ajar e-handout materi jamur ini dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA.