Abstract:
Bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang digunakan rumah sakit
untuk memasarkan suatu produk dan pelayanan yang ada di rumah sakit kepada
konsumen atau pasien. Semakin banyaknya rumah sakit yang ada di Indonesia
menyebabkan terjadinya persaingan dalam memberikan pelayanan kesehatan, oleh
karena itu keberhasilan suatu rumah sakit dapat ditentukan dari kemampuan
manajemen pemasaran rumah sakit dalam memanfaatkan peluang yang
dimilikinya. Pelayanan rawat inap merupakan salah satu pelayanan utama yang
diberikan rumah sakit. Bauran pemasaran yang dilakukan rumah sakit memili
peran untuk mempengaruhi keputusan pasien dalam memilih pelayanan rawat
inap yang ditawarkan oleh rumah sakit. Menurut Kotler dan Amstrong (2012)
bauran pemasaran dalam jasa terdiri atas product, price, place, promotion, people,
process dan physical evidence (7P). Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis artikel penelitian yang berkaitan dengan pengaruh antara product,
price, place, promotion, people, process dan physical evidance terhadap
keputusan memilih jasa pelayanan rawat inap di rumah sakit. Jenis penelitian ini
adalah literature review dengan metode scoping review dengan kata kunci bauran
pemasaran, keputusan pasien memilih jasa pelayanan rawat inap, marketing mix,
marketing mix of decisions on choosing inpatient services. Artikel penelitian
diperoleh melalui mesin Google Scholar dan Scient Direct. Terdapat 10 artikel
penelitian yang sesuai dengan kritera inklusi penelitian. Dari hasil telaah,
didapatkan bahwa terdapat pengaruh antara product, price, promotion, people,
process dan physical evidence dengan keputusan pasien dalam memilih pelayanan
rawat inap di rumah sakit. Sedangkan antara place tidak berpengaruh dengan
keputusan pasien dalam memilih pelayanan rawat inap di rumah sakit.
Kata Kunci: Bauran pemasaran, pasien rawat inap, rumah sakit