Abstract:
Kemampuan memecahkan masalah dan kolaborasi diperlukan dalam proses pembelajaran fisika. Namun, kurangnya sumber belajar berbasis authentic learning serta model pembelajaran yang belum mendukung untuk berkolaborasi memecahkan masalah menyebabkan peserta didik kesulitan memahami materi dan menyelesaikan permasalahan secara kolaboratif. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengembangkan materi ajar gerak lurus berbasis authentic learning menggunakan model collaborative problem solving. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas materi ajar gerak lurus yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ASSURE. Subjek uji coba adalah 38 peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 1 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validitas materi ajar terkategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,55; (2) Kepraktisan materi ajar terkategori praktis dengan skor rata-rata 2,86; (3) Efektivitas materi ajar terkategori tinggi dengan N-gain 0,73 dan kemampuan problem solving peserta didik secara kolaboratif berdasarkan tes hasil belajar pada soal analisis terkategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa materi ajar gerak lurus berbasis authentic learning menggunakan model collaborative problem solving layak digunakan dalam proses pembelajaran.