Abstract:
Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran fisika yang membuat peserta didik kesulitan dalam memahami konsep fisika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep peserta didik terhadap konsep impuls momentum, mendeskripsikan tingkat miskonsepsi peserta didik terhadap konsep impuls momentum, dan mendeskripsikan bentuk miskonsepsi peserta didik terhadap konsep impuls momentum. Penelitian dengan metode deskriptif kuantitatif ini menetapkan populasi pada peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Banjar, MAN 3 Banjar, dan MAN 4 Banjar. Sampel sebanyak 172 orang peserta didik diperoleh melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes diagnostik four-tier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik sangat kurang terhadap konsep impuls momentum yaitu sebesar 12.17%. Miskonsepsi peserta didik termasuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 28.41%. Bentuk-bentuk miskonsepsi yang teridentifikasi dalam penelitian ini antara lain: peserta didik menganggap nilai momentum diperoleh dari hasil kali massa dan percepatan, massa dan kecepatan tidak mempengaruhi nilai momentum, impuls berbanding terbalik dengan momentum.