Abstract:
Keterampilan pemecahan masalah menjadi keterampilan mendasar yang harus dimiliki peserta didik di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Studi awal menunjukan rendahnya keterampilan pemecahan masalah sebagian besar peserta didik. Dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan kelayakan materi ajar berbasis aplikasi android pada materi vektor bermuatan authentic learning yang dikembangkan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model ASSURE dan uji coba kelas menggunakan one group pretest and post-test pada 37 peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 1 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari instrumen validasi materi ajar, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas materi ajar berbasis android bermuatan authentic learning dengan rerata skor 3,24 berkategori valid; (2) kepraktisan materi ajar berbasis android bermuatan authentic learning dengan skor 3,08 berkategori praktis; dan (3) efektivitas materi ajar berbasis android bermuatan authentic learning berkategori efektif karena N-gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang dan pemecahan masalah peserta didik berkategori baik. Dengan demikian, pengembangan materi ajar berbasis android bermuatan authentic learning layak untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Kata kunci: Android, authentic learning, keterampilan pemecahan masalah.