Abstract:
PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Marabahan bertugas sebagai unit layanan pelanggan (ULP) sub unit dibawah UP3 yang membantu mengurus pelayanan pelanggan dan pelayanan jaringan listrik distribusi lebih dekat dengan ruang lingkup wilayah lebih kecil khsususnya wilayah Kabupaten Barito Kuala.
Unit ini dipimpin oleh seorang Manager yaitu bapak Arliansyah. PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Marabahan memilik jumlah karyawan 12 orang, yang terbagi terdiri dari satu orang bagian kantor pelayanan, tiga orang bagian teknik, tiga orang bagian pelayanan pelanggan dan administrasi, tiga orang bagian transaksi energy dan satu orang bagian K3L. Untuk tingkat jenjang pendidikan karyawan untuk saat ini SMA (Sekolah Menengah Atas) sederajat sebayak 7 orang, Diploma (D3) sebanyak 1 orang dan Strata (S1) sebanyak 4 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gaya kepemimpinan di PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Marabahan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut yaitu Gaya kepemimpinan berdasarkan sifat, bakat, dan kepemimpinan efektif. Gaya kepemimpinan berdasarkan sifatnya pimpinan (manajer) PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Marabahan memiliki sifat gaya kepemimpinan edukatif, motifatif, inovasi dan persuasive. Gaya kepemimpinan berdasarkan bakat situasional pimpinan (manajer) PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Marabahan yaitu kepemimpinan sebagai suatu perbedaaan peran, kepemimpinan sebagai alat mencapai tujuan, kepemimpinan sebagai bentuk mengajak (persuasi), kepemimpinan sebagai penggunaan pengaruh, kepemimpinan sebagai seni membentuk kepatuhan, dan kepemimpinan sebagai titik pusat dari proses yang terjadi dalam kelompok. Gaya kepemimpinan yang efektif dalam suatu organisasi pimpinan (manajer) PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Marabahan memiliki gaya kepemimpinan otoriter dan moralis.