Abstract:
Putri Apriliyanti, 1710411320036 (2022), Inovasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Silakas Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut. Di Bawah Bimbingan Widyakanti.
Menurut Peraturan Menteri PANRB No. 30/2014, inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) inovasi Pelayanan Publik berbasis online dengan aplikasi Silakas dalam pembuatan Akta Kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Tanah Laut, 2) faktor pendukung dan penghambat inovasi layanan berbasis online dengan aplikasi Silakas dalam pembuatan Akta Kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Tanah Laut.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang berupa wawancara dengan informan dan dokumen terkait. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik untuk menganalisis data menggunakan teknik dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Silakas sebagai pengajuan pembuatan dokumen kependudukan khususnya dalam pembuatan akta kelahiran masih dirasa kurang prima dan belum merata untuk digunakan seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Laut, salah satu kendalanya yaitu adanya daerah yang belum terjangkau koneksi jaringan internet yang baik serta adanya beberapa masyarakat yang belum mengerti dan mempunyai gadget seperti smarthphone sebagai akses utama dalam menggunakan aplikasi Silakas.
Kata kunci : Inovasi pelayanan, prosedur pelayanan, akta kelahiran online