Abstract:
Abstrak
Resgi Benedicta Karlo, 1610413610030, Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap
Kepuasan Pasien di Puskesmas Desa Ketapang. Di bawah bimbingan Ellisa
Vikalista,S.H., M.IP
Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat di desa adalah hal yang komplek dan
begitu pentingnya kesehatan bagi manusia, sehingga semua manusia berhak mendapatkan
pelayanan kesehatan yang layak. Puskesmas merupakan pihak terdepan dalam pelayanan
kesehatan oleh sebab itu keberadaan Puskesmas sangatlah penting, selain itu Puskesmas
adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan tempat
pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat
divsamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Puskesmas
di Desa Ketapang Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara Provinsi
Kalimantan Tengah terhadap kepuasan pasien.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan di Puskesmas Desa
Ketapang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan
dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data
deskriptif. Data yang dikumpulkan akan di analisis menggunakan teori dari Zeitham et.al.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan terhadap
kepuasan pasien Puskesmas Ketapang dapat dikatakan memuaskan
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Puskesmas Ketapang, Kepuasan
Pasien