Abstract:
Indah Lestari, 1710411320018 :“Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air
Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Studi Pengaduan Kualitas
Air)”. Dibawah bimbingan Afrida Royati.
Latar belakang pada pelenitian ini yaitu adanya keluhan dari pelanggan tentang
kualitas pelayanan di PDAM Tirta Barito mengenai pengaduan kualitas airnya dan
respon petugas dalam perbaikannya masih kurang cepat sehingga membuat pelanggan
harus menunggu lama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Perusahaan Daerah
Air Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Studi Pengaduan Kualitas
Air) dan untuk mengetahui faktor yang menghambat kualitas pelayanan Perusahaan
Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Studi Pengaduan
Kualitas Air).
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe
penlitian deskriptif.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder
berupa dengan dokumen, artikel dan buku serta peraturan dari internet.Teknik
pengumpulan data dengan wawancara dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di PDAM Tirta Barito
Kabupaten Barito Selatan (Studi Pengaduan Kualitas Air) dilihat dari indikator
tangible,reliability dan assurance sudah baik, sedangkan indikator responsiveness dan
empathy masih kurang baik. Faktor penghambat pelayanan diantaranya : kurangnya
jumlah petugas lapangan dan peralatan yang sudah tua. PDAM Tirta Barito sebaiknya
menambah jumlah petugas lapangan dan melakukan pergantian pipa air yang sudah tua
agar kualitas pelayanan sesuai dengan yang diharapkan para pelanggan.
Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, PDAM.