Abstract:
Proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran untuk menunjang
proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran berbasis android dan mengetahui kualitas dan efektifitas dari media
pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Geografi kelas XI untuk
meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (Research & Development). Penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4D. Tahapan dalam model pengembangan ini meliputi tahap define,
design, development, dan dessiminate. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data
yang digunakan merupakan teknik analisis kuantitatif deskriptif menggunakan
skala likert dan Uji N-Gain untuk melihat pengaruh minat belajar siswa setelah
media pembelajaran tersebut digunakan. Hasil penelitian yang didapatkan dari
validasi kelayakan materi mendapatkan skor 93,33?n masuk kedalam kategori
“sangat layak”, sementara dari validasi kelayakan media mendapatkan skor 95?n masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan penilaian uji pretest
mendapat skor 41,03?n Posttest sebesar 71,43?n uji N-Gain mendapat skor
0,7% sehingga masuk dalam katagori “Tinggi”. Berdasarkan kategori skor yang
telah didapatkan, maka hasil penelitian pengembangan ini dapat digunakan sebagai
media pembelajaran pada umumnya.