Abstract:
Materi archaebacteria dan eubacteria cukup abstrak karena bakteri merupakan organisme
mikroskopis dan keberadaannya sulit diamati tanpa menggunakan alat bantu dan materi ini
sulit sehingga dibutuhkan bahan ajar seperti e-module berbasis flip HTML5 untuk menarik
minat dan membuat siswa memahami dalam pembelajaran. Modul elektronik merupakan
salah satu bahan ajar yang sesuai dengan kondisi pembelajaran Tahun 2021 yang
dilaksanakan secara daring karena adanya pandemi Covid-19 serta diharapkan tidak
monoton dan menarik minat siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
validitas dan kepraktisan terhadap e-module berbasis flip HTML5 pada materi
archaebacteria dan eubacteria untuk siswa SMA kelas X. Penelitian dan pengembangan
menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek uji validitas
terdiri atas 3 orang validator, yaitu 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA
FKIP ULM Banjarmasin dan 1 orang guru biologi di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Subjek uji
kepraktisan terdiri atas 9 orang peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berbasis flip HTML5 pada materi
archaebacteria dan eubacteria untuk siswa SMA kelas X yang dikembangkan memperoleh
nilai validitas 85,36% yang tergolong “sangat valid” dan nilai kepraktisan 82,75% yang
tergolong “sangat praktis” yang berarti dapat mendukung proses pembelajaran saat
pandemi.