Abstract:
Miskonsepsi adalah suatu ketidaksinkronan hubungan antara suatu konsep dengan pemikiran seseorang yang menyebabkan salah tafsir hingga menimbulkan suatu penafsiran baru yang menyalahi suatu konsep yang sudah ditetapkan bahkan telah disepakati bersama oleh para ahli disuatu bidang keilmuwan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep dan miskonsepsi fisika pada materi suhu dan kalor, dengan subjek penelitian 21 peserta didik kelas X MIA SMA N 1 Pulau Sembilan. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu four-tier diagnostic test atau yang lebih dikenal dengan tes empat tingkat yang berjumlah 38 soal. Tingkat pertama merupakan soal dalam ranah kognitif berupa pilihan ganda (multiple choice) dengan tiga jawaban pengecoh dan satu jawaban benar yang harus dipilih peserta didik, tingkat kedua merupakan tingkat keyakinan peserta didik dalam memilih jawaban pada tingkat sebelumnya, tingkat ketiga berupa alasan peserta didik menjawab pertayaan pada tingkat pertama dengan tiga alasan pengecoh dan satu alasan benar yang harus dipilih peserta didik serta tingkat keempat merupakan tingkat keyakinan peserta didik dalam memilih alasan pada tingkat sebelumnya. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu ditemukan miskonsepsi pada peseta didik dengan skor rata-rata 22,18% pada kategori rendah. Sedangkan untuk pemahaman konsep pada peserta didik sebesar 35,85% tergolong dalam kategori sedang.
Kata Kunci: kalor, miskonsepsi, dan suhu