Abstract:
Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana Inovasi PALUI, serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam Inovasi aplikasi PALUI di Kantor Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara. Metode penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif melalui data primer dan data sekunder, serta teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dokumentasi, dan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan Inovasi aplikasi PALUI di Kantor Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara mengenai mekanisme sesuai dengan lima indikator inovasi Rogers. Tetapi terdapat kendala dalam pelaksanaanya yaitu hambatan teknis yang menghambat pegawai pelayanan menyelesaikan proses penyelenggaraan pelayanan publik. Sedangkan faktor pendukung yang dimiliki adalah sumber daya manusia yang baik dan server jaringan lancar yang dapat mendukung jalannya inovasi aplikasi PALUI.
Kata Kunci : inovasi, pelayanan publik