Abstract:
Devi Nur Azizah, 1810411220023. 2022.Kinerja Pegawai dalam
Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) (Studi Pada
Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan Kabupaten
Kotawaringin Barat). Dibawah Bimbingan Widyakanti.
Kelurahan Baru melayani sekitar 15 pelayanan umum, salah satu nya
yaitu pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) dan SKU
merupakan pelayanan yang paling banyak di ajukan pada tahun 2020 yaitu
sebanyak 757 pemohon. Namun sampai saat ini Kelurahan Baru tidak
memiliki SOP pada pelayanan SKU. Penduduk Kelurahan Baru yang
berjumlah 21.832 merupakan jumlah penduduk paling banyak di antara
kelurahan lain di Kecamatan Arut Selatan, tetapi hal ini tidak sebanding
dengan jumlah pegawai di kantor Kelurahan Baru yang hanya berjumlah 11
pegawai padahal ideal nya jumlah pegawai di Kelurahan adalah 17 pegawai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja
pegawai serta mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung kinerja
pegawai di Kelurahan Baru dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan
Usaha (SKU). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber
data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis data model interaktif dari Miles and Huberman yang berisikan
rangkaian mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai dalam
pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kelurahan Baru
secara keseluruhan sudah cukup baik, tercermin dari sudah baik nya
produktivitas pegawai, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian, dan
tanggung jawab terhadap pekerjaan dan tugas-tugasnya. Untuk komitmen
kerja pegawai Kelurahan Baru dalam melayani SKU sudah cukup baik
namun belum maksimal, dan Kualitas kinerja pegawai juga masih kurang
baik. Faktor penghambat kinerja pegawai yaitu kurangnya sarana dan
prasarana, serta kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM). Sedangkan
faktor pendukung kinerja pegawai dalam melayani pembuatan SKU adalah
kemampuan pegawai dalam menguasai komputer dengan baik.
Saran peneliti kepada Kelurahan Baru terkait pelayanan pembuatan
SKU adalah untuk melengkapi sarana dan prasarana, menambah jumlah
pegawai, serta mengajukan perbaikan gedung kelurahan baru kepada
pemerintah daerah setempat.
Kata Kunci : Kinerja pegawai, pelayanan publik, Surat Keterangan Usaha