Abstract:
Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan, namun belum adanya perangkat pembelajaran yang mendukung untuk meningkatkan literasi sains menyebabkan keterampilan literasi sains peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu STEM yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Perangkat yang dikembangkan dikemas dalam modul ajar meliputi RPP, isi modul ajar, materi ajar, dan tes literasi sains. Penelitian ini penelitian dan pengembangan, dimana desainnya menggunakan model ADDIE dan uji coba penelitian one group pre-test and post-test desain pada 23 peserta didik kelas X-A SMAN 5 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didik dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu STEM termasuk valid karena RPP, LKPD, Materi Ajar, dan Tes Literasi Sains dalam kriteria valid; (2) perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu STEM termasuk praktis, keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik dalam kriteria baik; (3) perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu STEM termasuk efektif karena nilai n-gain literasi sains sebesar 0,54; berarti peningkatannya dalam kriteria sedang. Dengan demikian, perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu STEM yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.
Kata kunci: Energi terbarukan, literasi sains, pembelajaran berbasis masalah, STEM