Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar elektronik bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi usaha dan energi dengan menggunakan model pembelajaran generatif yang layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Kelayakan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, diujicobakan kepada 35 peserta didik kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Kapuas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar elektronik dinyatakan valid dengan rata-rata skor validitas RPP 3,6 berkategori sangat baik, rata-rata skor validitas materi ajar 3,5 berkategori sangat baik, rata-rata skor validitas LKPD 3,5 berkategori sangat baik, dan rata-rata skor validitas THB 3,5 berkategori sangat baik; (2) Bahan ajar dinyatakan praktis dengan rata-rata skor 3,4 berkategori baik; dan (3) Bahan ajar dinyatakan efektif dengan N-gain 0,69 berkategori sedang. Simpulan penelitian yang diperoleh adalah bahan ajar elektronik yang dikembangkan layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, bahan ajar elektronik ini dapat digunakan guru sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan aspek spiritual keagamaan peserta didik.
Kata kunci: Ayat-ayat Al-Qur’an, bahan ajar elektronik, model pembelajaran generatif, usaha dan energi.