Abstract:
Keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMA Negeri 1 Amuntai masih
rendah karena tidak tersedianya materi ajar yang memuat keterampilan pemecahan
masalah. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan materi ajar elektronik
menggunakan model creative problem solving pada topik dinamika partikel yang
layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan
khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas
materi ajar elektronik yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah metode
penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini
adalah 19 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Amuntai. Desain penelitian yang
digunakan adalah one group pretest posttes. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen penilaian validitas, angket respon pesera didik dan tes
hasil belajar pretest-posttes. Teknik analisis data untuk validitas dan kepraktisan
dilakukan dengan merata-ratakan hasil yang diperoleh, sedangkan efektivitas
diperoleh dengan menghitung n-gain score. Hasil penelitian menunjukkan: (1)
materi ajar elektronik termasuk valid karena validitasnya sebesar 3,30 dengan
kategori valid, (2) materi ajar termasuk praktis karena respon peserta didik sebesar
2,83 dengan kategori praktis, (3) materi ajar elektronik termasuk efektif karena ngain score rata-rata sebesar 0,32 dengan kategori efektif. Dengan demikian, materi
ajar elektronik menggunakan model creative problem solving pada topik dinamika
partikel layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah
peserta didik.
Kata kunci: creative problem solving, dinamika partikel, keterampilan pemecahan
masalah, materi ajar elektronik.