Abstract:
Belum tersedianya bahan ajar fisika elektronik berbasis multimodel bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an, sehingga rendahnya pemahaman peserta didik terhadap konsep fisika dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik berbasis multimodel pada topik gelombang bunyi bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan khusus penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experiment design (the one group pretest-posttest design). Subjek uji coba, yaitu 33 peserta didik kelas XI MIPA 4 MAN 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian validitas, kuesioner, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas validitas RPP sebesar 3,44 berkategori sangat baik; validitas LKPD sebesar 3,27 berkategori baik; validitas materi ajar sebesar 3,30 berkategori baik; dan validitas THB sebesar 3,33 berkategori baik, (2) kepraktisan bahan ajar dengan skor rata-rata 3,33 berkategori baik, dan (3) efektivitas bahan ajar dengan skor rata-rata 0,75 dengan kategori tinggi. Simpulan penelitian yang diperoleh yaitu bahan ajar elektronik berbasis multimodel pada topik gelombang bunyi bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan tes hasil belajar.
Kata kunci: Ayat-ayat Al-Qur’an, bahan ajar elektronik, gelombang bunyi, multimodel.