Abstract:
Penggunaan bahan ajar yang konvensional dan model yang kurang inovatif membuat peserta didik memiliki keterampilan pemecahan masalah yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul pada pokok bahasan gelombang melalui model creative problem solving yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ASSURE. Subjek uji coba penelitian adalah 31 peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian validitas dengan lembar validasi, observasi dengan lembar keterlaksanaan RPP dan tes hasil belajar e-modul dengan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data untuk validitas dihitung dengan merata-ratakan skor total, reliabilitas validitas dihitung menggunakan rumus cronbach-alpha, kepraktisan dihitung dengan merata-ratakan skor total, efektivitas dihitung dengan n-gain score dan keterampilan pemecahan masalah dihitung dengan merata-ratakan skor total. Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-modul dinyatakan valid, (2) e-modul dinyatakan sangat praktis, ditinjau dari keterlaksanaan RPP, dan (3) e-modul dinyatakan efektif, ditinjau dari n-gain score rata-rata untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah sebesar 0,59 dalam kategori sedang. Dengan demikian, e-modul pada pokok bahasan gelombang melalui model creative problem solving adalah layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Kata Kunci: creative problem solving; e-modul; gelombang; keterampilan pemecahan masalah.