Abstract:
Rosidah. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan
Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Example Non Example dan
Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Pekauman 1
Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Jenis Kegiatan Ekonomi, Problem Based Learning,
Example Non Example dan Numbered Head Together
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam
memahami pembelajaran, kurangnya sikap membantu sesama dalam bekerjasama dan
kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, alternatif untuk penyelesaian
masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem
Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together. Tujuan penelitian
ini untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa juga hasil belajar.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Pekauman 1 Banjarmasin
pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 14 orang tahun ajaran 2021/2022. Objek
penelitian ini adalah pembelajaran Jenis Kegiatan Ekonomi dengan menggunakan
Kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Example Non Example dan
Numbered Head Together. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa
observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data
kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif,
afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan
indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning,
Example Non Example dan Numbered Head Together pada pertemuan IV menunjukkan
bahwa aktivitas guru memperoleh skor 90,6 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa
memperoleh skor 87 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan
psikomotorik ketuntasan mencapai 93%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Example Non Example dan
Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil
belajar siswa pada muatan IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku materi Jenis Kegiatan
Ekonomi. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Problem Based
Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together dalam menciptakan
kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada
kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.