Abstract:
Keterampilan pemecahan masalah termasuk kompetensi utama di era industri 4.0, namun dalam pembelajaran fisika belum dilatihkan dengan baik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini ialah menghasilkan materi ajar usaha energi melalui model pengajaran langsung yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model ADDIE dan uji coba kelas pada 25 peserta didik di kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data meliputi instrumen validasi materi ajar, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, respon peserta didik, dan tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) materi ajar berkategori valid, karena hasil materi ajar dan LP pemecahan masalah dalam kategori sangat valid, (2) materi ajar termasuk praktis, karena fase-fase pengajaran langsung dapat dilaksanakan dengan baik dan respon peserta didik baik, dan (3) materi ajar termasuk efektif karena n-gain pemecahan masalah sebesar 0,62 dalam ketegori sedang. Dengan demikian, materi ajar yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Kata kunci: Keterampilan pemecahan masalah, materi ajar, pengajaran langsung, usaha energi.