Abstract:
ABSTRAK
Maulana Fazri, D1A115221. Kualitas Pelayanan Administrasi Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kantor Kelurahan Pemurus Luar Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin. Penelitian ini dibimbing oleh Enly Hadiyanor.
Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunanmerupakan faktor penting dalam menyelenggarakan administrasi Pajak Bumi dan Bangunan. Selain itu., faktor masyarakat yang merupakan subjek pajak turut berperan dalam kelancaran administrasi Pajak Bumi dan Bangunan. Karenya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Kelurahan Pemurus Luar Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin serta faktor-faktor penghambat dalam memberikan pelayanan.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Lurah Kantor Kelurahan Pemurus Luar Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin, kemudian Pegawai Kelurahan Pemurus Luar khususnya Kasi Pemerintahan dan 2 orang staf .Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi.(Usman danPurnomo).Semua data dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Kelurahan Pemurus Luar Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin telah berjalan maksimal walaupun ada sebagian masyarakat yang merasa belum terpuaskan sehingga terus diupayakan semaksimal mungkin. Berdasarkan hasil wawancara bahwa pelayanan Pelayanan PBB yang diberikan walaupun masih terdapat faktor-faktor yang menjadi kendala dalam melaksanakan pelayanan administrasi Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Kelurahan Pemurus Luar Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin. Untuk itu dusarankan : (1) memberikan ijin tugas belajar untuk meningkatkan kualitas kerja yang profesional pada perguruan tinggi sesuai dengan kemampuan pegawai Kepala Seksi Pemerintahan yang bersangkutanm (2) memberdayagunakan sarana dan prasarana agar lebih efektif sementara perlengkapan kerja lainnya masih belum terpenuhi baik untuk kegiatan administratif maupun teknis operasional, (3) 3. Menambah dana diklat dan alokasinya yang dimasukan sebagai anggaran rutin kepada Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan dan (4) penelitian ini diharapkan dapat digunkan sebagai acuan untuk peneliti selanjutnya.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Administrasi, Pajak Bumi dan Bangunan,