Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan e-modul sebagai media pembelajaran IPA berbasis Authentic Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada topik kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan model Tessmer. Uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test. Uji validasi pada 3 pakar pembelajaran IPA dan 2 praktisi, uji coba kelompok kecil pada 5 peserta didik kelas VII SMPN 7 Tanjung, dan uji lapangan pada 19 peserta didik kelas VII SMPN 1 Tanjung. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi e-modul, lembar pengamatan keterlaksanaan e-modul, dan tes berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) E-modul termasuk sangat valid ditinjau dari aspek isi, bahasa, dan penyajian materi; (2) E-modul termasuk praktis, karena keterbacaan e-modul dalam kategori praktis, keterlaksanaan e-modul dan respon peserta didik pada uji kelompok kecil maupun uji lapangan dalam kategori sangat praktis; dan (3) E-modul termasuk efektif, karena capaian keterampilan berpikir kritis pada uji kelompok kecil dalam kategori baik dan nilai n-gain berpikir kritis peserta didik pada uji lapangan dalam kategori sedang. Dengan demikian, e-modul bermuatan authentic learning yang dikembangkan termasuk layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik