Abstract:
Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu aspek higher order thinking skill (HOTS) dan keterampilan abad 21 yang idealnya harus dimiliki oleh mahasiswa, oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang dapat menyiapkan mahasiswa untuk bisa terampil berpikir kreatif. Hal tersebut bisa ditunjang dengan adanya buku ajar elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan dan langkah-langkah penyusunan buku ajar elektronik, serta mengevaluasi hasil validitas, hasil respon mahasiswa dan hasil keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Metode penelitian menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu analyze, design, develop, implement dan evaluation. Uji validitas dilakukan oleh 4 pakar yaitu 2 ahli materi dan media serta 2 ahli tafsir. Uji coba perorangan dilakukan pada 3 mahasiswa, uji coba kelompok kecil dilakukan pada 5 mahasiswa, dan uji coba lapangan dilakukan pada 20 mahasiswa S1 Tadris Biologi IAIN Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan yaitu perlu dikembangkan bahan ajar berbentuk buku ajar elektronik tentang etnobotani yang terintegrasi nilai-nilai keislaman dan berorientasi pada keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Langkah-langkah penyusunan buku ajar elektronik pada setiap tahapan berjalan sesuai rencana dan tidak ada kendala hingga diperoleh prototype. Buku ajar elektronik yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli. Respon mahasiswa terhadap buku ajar elektronik yang dikembangkan mendapatkan hasil sangat baik. Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa mendapat hasil N-Gain tinggi.
Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Buku Ajar, Etnobotani, Islam