Abstract:
Pengembangan Handout untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup (Oleh: Ramayanti Panjaitan; Pembimbing: Dr. Dharmono M.Si., Dr, Suyidno M. Pd;)
ABSTRAK
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi abad ke-21, keterampilan tersebut dapat dilatihkan dengan baik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan handout materi keanekaragaman makhluk hidup yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian menggunakan evaluasi formatif dengan model Tessmer meliputi self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group dan field test. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi handout, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes berpikir kritis. Hasil penelitian menunjuk¬kan: (1) Handout yang dikembangkan termasuk valid, karena telah memenuhi kriteria validitas isi dan konstruk; (2) Handout termasuk praktis, karena memenuhi kepraktisan isi, respon peserta didik dalam kriteria baik, dan dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan baik; dan 3) Handout termasuk efektif, karena nilai n-gain berpikir kritis peserta didik pada small group dan field test masing-masing 0,35 dan 0,31 dalam kriteria sedang. Dengan demikian, handout keanekaragaman makhluk hidup adalah layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Keanekaragaman makhluk hidup, keterampilan berpikir kritis