Abstract:
Penggunaan bahan ajar bermuatan ayat-ayat al-quran pada materi dinamika partikel dalam proses pembelajaran di kelas akan memberikan kontribusi untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar bermuatan ayat-ayat al-quran pada materi dinamika partikel dengan model direct instruction untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek uji coba berupa bahan ajar dan diuji pada 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, instrumen lembar keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan persentase nilai dan disesuaikan dengan kriteria aspek penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas bahan ajar berkategori sangat baik; (2) kepraktisan bahan ajar berkategori baik; (3) efektivitas bahan ajar berkategori efektif; dan (4) penggunaan bahan ajar berhasil melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar bermuatan ayat-ayat al-quran pada materi dinamika partikel dengan model direct instruction untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.